Biografi Iwan Fals

Posted by blogger malang on Tuesday


iwan fals yang bernama lengkap virgiawan listanto ( lahir 3 september 1961 di jakarta ) yaitu seorang penyanyi beraliran balada sebagai di antara legenda hidup di indonesia. melalui lagu-lagunya, iwan melukiskan situasi sosial kehidupan indonesia ( terlebih jakarta ) di akhir th. 1970-an sampai saat ini. kritik atas tingkah laku sekelompok orang ( layaknya lagu wakil rakyat serta tante lisa ), empati untuk grup marginal ( contohnya lagu siang seberang istana serta lonteku ), atau bencana besar yang menempa indonesia ( atau terkadang di luar indonesia, layaknya lagu ethiopia ) mendominasi tema lagu-lagu yang dibawakannya. 

melalui lagu-lagunya, ia memotret kehidupan serta sosial-budaya di akhir th. 1970-an sampai saat ini. kritik atas tingkah laku sekelompok orang ( layaknya wakil rakyat, tante lisa ), empati untuk grup marginal ( contohnya siang seberang istana, lonteku ), atau bencana besar yang menempa indonesia ( atau terkadang di luar indonesia, layaknya ethiopia ) mendominasi tema lagu-lagu yang dibawakannya. iwan fals bukan sekedar menyanyikan lagu ciptaannya namun juga sebanyak pencipta lain. 

iwan yang juga pernah aktif di aktivitas olahraga, dulu menggapai gelar juara ii karate tingkat nasional, juara iv karate tingkat nasional 1989, pernah masuk pelatnas serta melatih karate di kampusnya, stp ( sekolah tinggi publisistik ). iwan juga pernah jadi kolumnis di sebagian tabloid olah raga. 

kharisma seorang iwan fals amat besar. dia amat dipuja oleh kaum akar rumput. kesederhanaannya jadi panutan beberapa penggemarnya yang tersebar di semua nusantara. beberapa pengagum fanatik iwan fals apalagi membangun sesuatu yayasan pada tanggal 16 agustus 1999 yang dimaksud yayasan orang indonesia atau biasa dikenal dengan seruan oi. yayasan ini mewadahi kegiatan beberapa pengagum iwan fals. sampai saat ini kantor cabang oi bisa didapati tiap-tiap penjuru nusantara serta sebagian apalagi hingga ke mancanegara. 

perjalanan hidup 
periode kecil iwan fals dihabiskan di bandung, lantas turut saudaranya di jeddah, arab saudi sepanjang 8 bln.. bakat musiknya semakin terasah saat ia berumur 13 th., dimana iwan banyak menggunakan waktunya amen di bandung. bermain gitar dikerjakannya sejak tetap muda apalagi ia mengamen untuk melatih kemampuannya bergitar serta mencipta lagu. saat di smp, iwan jadi gitaris dalama gabungan nada sekolah. 

setelah itu, datang ajakan untuk mengadu nasib di jakarta dari seorang produser. ia lantas jual sepeda motornya untuk cost bikin master. iwan rekaman album pertama berbarengan rekan-rekannya, toto gunarto, helmi, bambang bule yang tergabung didalam amburadul. namun album tersebut gagal di pasaran serta iwan kembali melakukan profesi sebagai pengamen. 

sesudah bisa juara di festival musik country, iwan turut festival lagu humor. arwah setiawan ( almarhum ), lagu-lagu humor punya iwan pernah direkam berbarengan pepeng, krisna, nana krip serta diproduksi oleh abc records. namun juga gagal serta cuma dikonsumsi oleh kelompok umur

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment