Biografi Presiden Soeharto

Posted by blogger malang on Tuesday


soeharto yaitu presiden ke-2 republik indonesia. beliau lahir di kemusuk, yogyakarta, tanggal 8 juni 1921. bapaknya bernama kertosudiro seorang petani yang juga sebagai pembantu lurah didalam pengairan sawah desa, namun ibunya bernama sukirah. soeharto masuk sekolah ketika berumur delapan th., namun kerap geser. awal mulanya disekolahkan di sekolah desa ( sd ) beberapa puluh, godean. lantas geser ke sd pedes, lantaran ibunya serta suaminya, pak pramono geser rumah, ke kemusuk kidul. tetapi, pak kertosudiro lalu memindahkannya ke wuryantoro. soeharto dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan prawirowihardjo, seorang mantri tani. 

hingga selanjutnya terpilih jadi prajurit teladan di sekolah bintara, gombong, jateng pada th. 1941. beliau resmi jadi bagian tni pada 5 oktober 1945. pada th. 1947, soeharto menikah dengan siti hartinah seorang anak pegawai mangkunegaran. 

perkawinan letkol soeharto serta siti hartinah dilangsungkan tanggal 26 desember 1947 di solo. saat itu umur soeharto 26 th. serta hartinah 24 th.. mereka dikaruniai enam putra serta putri ; siti hardiyanti hastuti, sigit harjojudanto, bambang trihatmodjo, siti hediati herijadi, hutomo mandala putra serta siti hutami endang adiningsih. 

jenderal besar h. m. soeharto sudah menapaki perjalanan panjang didalam karir militer serta politiknya. di kemiliteran, pak harto mengawalinya dari pangkat sersan tentara knil, lantas komandan peta, komandan resimen dengan pangkat mayor serta komandan batalyon berpangkat letnan kolonel. 

serangan umum 1 maret 1949 tidak dapat dipisahkan dari histori bangsa indonesia. momen tersebut jadi di antara catatan mutlak waktu republik ini baru mulai berdiri sesudah terlepas dari penjajahan belanda. banyak versi sekitar serangan umum 1 maret tersebut. tetapi demikianlah, peran letkol soeharto pasti tidak dapat dipisahkan didalam perang untuk merebut kembali ibu kota republik indonesia, yogyakarta. tujuan utama pasti untuk menaklukkan pasukan belanda dan menunjukkan pada dunia tentara nasional indonesia ( tni ) tetap memiliki kemampuan untuk mengadakan perlawanan. alhasil serangan umum 1 maret dapat tunjukkan pada dunia internasional bahwa tni tetap ada. 

pada th. 1949, dia sukses memimpin pasukannya merebut kembali kota yogyakarta dari tangan penjajah belanda waktu itu. beliau juga dulu jadi pengawal panglima besar sudirman. disamping itu juga dulu jadi panglima mandala ( pembebasan irian barat ). 

tanggal 1 oktober 1965, meletus g-30-s/pki. soeharto menggantikan pimpinan angkatan darat. tak hanya dikukuhkan sebagai pangad, jenderal soeharto ditunjuk sebagai pangkopkamtib oleh presiden soekarno. bln. maret 1966, jenderal soeharto terima surat perintah 11 maret dari presiden soekarno. tugasnya, mengembalikan keamanan serta ketertiban dan mengamankan ajaran-ajaran pemimpin besar revolusi bung karno. 

dikarenakan kondisi politik yang memburuk sesudah meletusnya g-30-s/pki, sidang istimewa mprs, maret 1967, menunjuk pak harto sebagai pejabat presiden, dikukuhkan sebagai presiden ri ke-2, maret 1968. pak harto memerintah kian lebih tiga dasa warsa melalui enam kali pemilu, hingga ia mengundurkan diri, 21 mei 1998. 

presiden soeharto mengawali orde baru didalam dunia politik indonesia serta dengan dramatis merubah kebijakan luar negeri serta didalam negeri dari jalur yang ditempuh soekarno pada akhir periode jabatannya. di antara kebijakan pertama yang dikerjakannya yaitu mendaftarkan indonesia jadi bagian pbb lagi. indonesia pada tanggal 19 september 1966 menginformasikan bahwa indonesia bermaksud untuk meneruskan hubungan kerja dengan pbb serta meneruskan partisipasi didalam kegiatan-kegiatan pbb, serta jadi bagian pbb kembali pada tanggal 28 september 1966, pas 16 th. sesudah indonesia di terima pertama kalinya. 

pada step awal, soeharto menarik garis yang amat tegas. orde lama atau orde baru. pengucilan politik - di eropa timur kerap dimaksud lustrasi - dikerjakan pada orang-orang yang berkenaan dengan partai komunis indonesia. sanksi kriminal dikerjakan gelar mahkamah militer luar biasa untuk mengadili pihak yang dikonstruksikan soeharto sebagai pemberontak. pengadilan digelar serta beberapa dari mereka yang terlibat dibuang ke pulau buru. program pemerintah soeharto diarahkan pada usaha penyelamatan ekonomi nasional, terlebih stabilisasi serta rehabilitasi ekonomi. yang disebut dengan stabilisasi ekonomi bermakna mengendalikan inflasi supaya harga barang-barang tidak melonjak terus. serta rehabilitasi ekonomi yaitu perbaikan dengan fisik fasilitas serta prasarana ekonomi. hakikat dari kebijakan ini yaitu pembinaan sistem ekonomi merencanakan yang menanggung berjalannya demokrasi ekonomi ke arah terwujudnya masyarakat adil serta makmur menurut pancasila. 

program stabilsasi ini dikerjakan dengan langkah membentung laju inflasi. serta pemerintah orde baru sukses membendung laju inflasi pada akhir th. 1967-1968, namun harga bahan keperluan pokok naik melonjak. setelah dibentuk kabinet pembangunan pada bln. juli 1968, pemerintah mengalihkan kebijakan ekonominya pada pengendalian yang ketat pada gerak harga barang terutama sandang, pangan, serta kurs valuta asing. sejak waktu itu ekonomi nasional relatif stabil 

sesudah sukses memulihkan situasi politik bangsa indonesia, maka langkah setelah itu yang ditempuh pemerintah orde baru yaitu melaksanakan pembangunan nasional. pembangunan nasional yang diupayakan pemerintah saat itu direalisasikan melewati pembangunan periode pendek serta pembangunan periode panjang. pambangunan periode pendek dirancang melewati pembangunan lima th. ( pelita ). tiap-tiap pelita mempunyai misi pembangunan dalam rencana meraih tingkat kesejahteraan masyarakat indonesia. namun pembangunan periode panjang termasuk periode 25-30 th.. pembangunan nasional yaitu rangkaian usaha pembangunan yang berkaitan yang meliputi semua segi kehidupan masyarakat, bangsa, serta negara. pembangunan nasional dikerjakan didalam usaha mewujudkan tujuan nasional yang tertulis didalam pembukaan uud 1945. 

pada saat orde baru, pemerintah menggerakkan kebijakan yang tidak alami pergantian terlampau penting sepanjang 32 th.. karena pada saat itu pemerintah berhasil menghadirkan satu stablilitas politik hingga beri dukungan berlangsungnya kestabilan ekonomi. dikarenakan perihal tersebut maka pemerintah jarang sekali lakukan perubahan-perubahan kebijakan terlebih didalam perihal biaya negara. pada saat pemerintahan orde baru, kebijakan ekonominya bertujuan pada perkembangan ekonomi. kebijakan ekonomi tersebut di dukung oleh stabilitas politik yang digerakkan oleh pemerintah. perihal tersebut dituangkan ke didalam jargon kebijakan ekonomi yang dimaksud dengan trilogi pembangungan, yakni kestabilan politik, perkembangan ekonomi yang stabil, serta pemerataan pembangunan. 

pada th. 1998 adalah periode kelam untuk presiden soeharto serta masuknya periode reformasi untuk indonesia, dengan besarnya demonstrasi yang dikerjakan oleh mahasiswa dan rakyat yang tidak senang dapat kepemimpinan soeharto dan semakin tidak terkendalinya ekonomi dan kestabilan politik indonesia maka pada tanggal 21 mei 1998 jam 09. 05 wib pak harto membacakan pidato pernyataan berhenti sebagai presiden ri” sesudah runtuhnya dukungan untuk dirinya. soeharto sudah jadi presiden indonesia sepanjang 32 th.. sebelum saat dia mundur, indonesia alami krisis politik serta ekonomi didalam 6 hingga 12 bln. pada mulanya. bj habibie meneruskan sekurang-kurangnya 1 tahun dari sisa periode kepresidenannya sebelum saat lantas digantikan oleh abdurrahman wahid pada th. 1999. kejatuhan suharto juga menandai akhir periode orde baru, satu rezim yang berkuasa sejak th. 1968.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment