Tips agar Toko Online Mudah Ditemukan oleh Pembeli

Posted by blogger malang on Thursday


Strategi meningkatkan rating search engine optimization (SEO) tidak hanya dikenal oleh mereka yang berkecimpung di dunia teknologi informatika. Mau tidak mau, penjual online pun perlu memahami seluk-beluk strategi SEO agar toko online-nya dapat bersaing dengan toko online lain. Dalam bisnis online, strategi SEO diartikan sebagai upaya memunculkan nama toko online dalam mesin pencari atau search engine. Semakin tinggi rating SEO sebuah toko online, semakin mudah pembeli menemukan nama toko tersebut dalam mesin pencari.
Strategi SEO dalam bisnis online berkaitan dengan bagaimana upaya penjual agar toko online-nya muncul di halaman-halaman pertama mesin pencari. Ketika pembeli mencari nama toko online melalui internet, mesin pencari akan segera “memberikan” info tentang alamat toko online.
Sesungguhnya, penjual online tidak perlu menerapkan strategi SEO dengan cara yang rumit. Ada beberapa trik singkat dan mudah sebagai upaya menaikkan rating SEO toko online. Anggota divisi community team sebuah situs jual-beli online internasional Kimm Alfonso menyebutkan empat tips agar toko online mudah ditemukan pembeli melalui mesin pencari.
  • Pikirkan kata kunci dalam nama toko online
  • Sebagai penjual online, Anda perlu memikirkan nama toko online yang mudah diingat, mencerminkan bisnis Anda, serta mudah ditemukan di mesin pencari. Mudah ditemukan di mesin pencari artinya akan muncul sebagai suggestion saat orang mengetik kata-kata tertentu yang berkaitan dengan bidang bisnis Anda. Oleh sebab itu, pilihlah kata kunci atau keywords yang tidak hanya menggambarkan bisnis Anda secara keseluruhan, tetapi juga mudah “dibaca” oleh mesin pencari.
  • Usahakan muncul dalam suggestion
  • Seperti disinggung dalam poin pertama, usahakan agar nama toko online muncul dalam suggestion mesin pencari. Salah satu caranya adalah dengan mencamtumkan istilah terkait dengan bidang bisnis Anda sebagai nama produk atau varian produk. Ketika seorang pengguna internet mengetik istilah di bidang bisnis yang Anda geluti, nama produk akan muncul dalam suggestion. Ini akan membantu calon pembeli yang lupa nama toko online, namun ingat nama jenis produknya.
  • Pilih judul yang mengandung kata kunci
  • Posting apapun yang akan Anda cantumkan di toko online, usahakan untuk menyertakan kata kunci pada judul posting tersebut. Konten berupa tulisan, gambar, video, deskripsi produk, dan lain sebagainya harus diberi judul yang mengandung kata kunci agar mudah dibaca oleh mesin pencari. Ketika Anda menggunakan istilah-istilah khusus yang jarang dicari dan dipahami orang, toko online Anda tidak akan muncul dalam mesin pencari. Calon penjual pun akan kesulitan menemukan toko online Anda.
  • Sebarkan nama toko online
  • Selain di toko online, ada baiknya Anda juga menggunakan channel lainnya saat berdagang seperti Facebook, Twitter, dan situs jual-beli online. Di setiap channeltersebut, cantumkanlah nama toko online. Pembeli tidak hanya bisa menemukan toko online melalui mesin pencari, melainkan juga melalui Facebook dan Twitter saat mereka menggunakan media sosial tersebut. Penyebarluasan nama toko online di berbagai channel meningkatkan jumlah kunjungan atau trafik toko online. Semakin tinggi trafiknya, semakin mudah pembeli mencari toko online melalui mesin pencari.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment