Tips Aman Bertransaksi di ATM

Posted by blogger malang on Tuesday

tiga th. lantas, seorang bekas hacker bernama jack barnaby yang lantas bekerja sebagai direktur ioactive, sesuatu perusahaan sekuriti di usa, sudah bikin vendor-vendor pembuat mesin atm kelabakan serta segera menambal kelemahan yang sudah diperlihatkan oleh barnaby. didalam sesuatu acara konferensi black hat, ia mempertontonkan bagaimana ia bikin mesin atm mengeluarkan semua isi duit didalamnya gunakan software buatannya. juli 2013 ini, jack barnaby ditemukan meninggal di apartemennya pada umur 35 th.. sampai saat ini penyebab kematiannya belum bisa dipastikan. ( tentang jack barnaby bisa anda susuri dengan mesin pencari ). 

satu tahun lebih silam lalu dulu bicara dengan seorang narapidana masalah pembobolan atm, berupaya melacak tahu bagaimana orang itu membobol atm. jawaban yang saya bisa yaitu gunakan perangkat sellular. bikin saya pernah berpikir saat itu tentang perangkat sellular. pertanyaan tersebut lantas terjawab pada saat memerhatikan berita tentang pembobolan atm gunakan batang korek api dan/ atau batang tusuk gigi yang dilengkapi dengan trick ganti sticker kecil bertuliskan nomer call center bank penyedia layanan service atm. 

memerhatikan serta memerhatikan dari beragam sumber, di bawah ini coba sharing sebagian panduan untuk keamanan waktu bertransaksi di atm : 

1. tinggalkan segera mesin atm jika waktu bertransaksi kartu atm sukar masuk. 

segera tinggalkan mesin atm jika kartu atm sukar masuk, perihal ini untuk mengantisipasi modus pembobolan kartu atm gunakan batang korek api dan/ maupun tusuk gigi. 

2. periksa dengan cermat sisi mulut mesin atm ( atm card reader ) area masuknya kartu atm 

sebelum saat memasukkan kartu sebaiknya memeriksa mulut mesin atm, adakah suatu hal yang di rasa aneh tidak layaknya mesin atm biasanya. 

tujuan memeriksa mulut mesin area masuknya kartu yaitu untuk menghindar pembobolan atm dengan modus skimmer. atm skimmer yaitu alat yang bisa di gunakan di bagian mulut mesin atm yang bisa berperan sebagai pembaca, perekam, serta penangkap data magnetik.

Bagi yang sering bertransaksi pasti akan bisa mengingat bagaimana keadaan mulut mesin ATM yang normal/wajar. Untuk membantu hal ini dapat anda lihat pada gambar berikut:
card reader palsu

Gambar ini salah satu jenis model ATM Skimmer yang dilengkapi dengan kamera kecil, di mana alat ini dapat di lekatkan pada mulut mesin ATM. Silakan dibedakan mulut ATM yang wajar dan yang telah terlekatkan ATM Skimmer ini. Ini hanya salah satu jenis ATM Skimmer.

Jika saat akan bertransaksi anda menemukan keanehan pada mulut mesin ATM, maka sebaiknya urungkan transaksi, tinggalkan ATM dan jika mungkin laporkan hal tersebut kepada Bank penyedia jasa layanan.

3. Mintalah Nomor Call Centre pada petugas Bank penyedia jasa layanan, simpan ataupun dihafalkan.

Mintalah nomor call centre untuk pengaduan sehubungan layanan ATM hanya dari Bank di mana anda menggunakan jasa perbankan. Simpan nomornya (jika mungkin anda hafalkan) dan sewaktu-waktu senantiasa menanyakan update nomor tersebut apakah diganti ataukah tidak. Ingat hanya di bank di mana anda menggunakan jasa perbankan.

Jangan terlalu percaya dengan sticker-sticker atau pun brosur-brosur yang ada di dalam lokasi mesin ATM. Brosur resmi bisa anda dapatkan di Bank pula.

Modus pembobolan mesin ATM dengan menggunakan batang korek api dan/ ataupun tusuk gigi, bermain pula dengan mengganti sticker nomor call centre ataupun brosur-brosur di dalam lokasi mesin ATM.

4. Pilih Lokasi Mesin ATM yang Dirasa Aman.

Pastikan mesin ATM yang akan anda gunakan ada di lokasi yang aman, misal dekat dengan pos pengamanan (sekuriti). Hindari mesin ATM di lokasi yang sepi terutama jika akan bertransaksi malam hari.

5. Ajak Teman untuk menemani anda jika bertransaksi di ATM pada malam hari

Bagi yang urgent memerlukan untuk mengambil/mentransfer uang melalui ATM pada malam hari sebaiknya minta di temani atau ajak seorang teman. Demi keamanan apalagi jika lokasi ATM agak jauh dari tempat tinggal anda.

6. Pilih dan gunakan alternatif layanan perbankan lainnya yang bisa memungkinkan anda bertransaksi selain mesin ATM.

Manfaatkan bentuk-bentuk layanan perbankan yang memungkinkan anda untuk bisa melakukan transaksi tanpa harus pergi ke mesin ATM. Internet Banking dan M-Banking bisa jadi pilihan selain mesin ATM. Sesuaikan kebutuhan perbankan anda dengan memanfaatkan layanan-layanan yang diberikan.

7. Meninggalkan PIN asal-asalan selesai bertransaksi dan setelah itu batalkan.

Hal terakhir ini sering saya lakukan, meninggalkan jejak asal-asalan pada mesin ATM. Biasanya saya melakukan transaksi baik itu mengecek saldo, transfer atau pun pembayaran-pembayaran tagihan. Setelah selesai bertransaksi, maka kartu ATM saya akan saya masukkan sekali lagi ke mesin ATM, kemudian saya tekan PIN asal-asalan saja lalu tekan tombol Cancel. Maka kartu akan keluar lagi dan jejak PIN yang terakhir tertinggal di mesin adalah PIN asal-asalan tersebut.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment